- Sistematis, artinya dilaksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana sampai kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
- Berencana, artinya dilaksanakan dengan adanya unsur kesengajaan dan sebelumnya sudah dipikirkan langkah-langkah pelaksanaannya.
- Mengikuti konsep ilmiah, artinya mulai awal sampai akhir kegiatan penelitian mengikuti cara-cara yang sudah ditentukan, yaitu prinsip yang digunakan untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
Macam-macam Metode Penelitian
Dalam melakukan penelitian, orang dapat menggunakan berbagai macam metode. Keputusan mengenai metode yang akan dipakai akan tergantung kepada tujuan, pendekatan, bidang ilmu, tempat, sifat masalah yang digarap dan alternatif yang mungkin digunakan.
1. Penelitian Ditinjau dari Tujuan
- Penelitian Eksploratif : digunakan apabila peneliti ingin menggali secara luas tentang sebab akibat atau hal-hal yang mempengaruhi terjadinya sesuatu.
- Penelitian Developmental dilakukan percobaan dan penyempurnaan.
- Penelitian Verifikatif : bertujuan untuk mengecek kebenaran hasil penelitian lain.
a) Pendekatan Longitudinal
Pada metode ini, sample subjek yang sama dipelajari dalam waktu tertentu. Metode ini memungkinkan adanya penyelidikan intensif terhadap individu karena peneliti menyimpulkan data tentang subjek yang sama pada berbagai tingkatan. Kelemahan metode ini, antara lain:
Metode ini meliputi lebih banyak subjek, tetapi mencandra faktor-faktor pertumbuhan yang lebih sedikit. Kelemahan dari metode ini adalah:
3. Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu
Ragam penelitian ditinjau dari bidangnya adalah penelitian terhadap pendidikan, keteknikan, ruang angkasa, pertanian, perbankan, kedokteran, keolahragaan dan sebagainya.
4. Penelitian Ditinjau dari Tempatnya
5. Penelitian Ditinjau dari Sifat Masalahnya
Berdasarkan sifat-sifat masalahnya, metode penelitian dapat digolongkan menjadi sembilan, dapat dilihat pada tabel berikut:
Pada metode ini, sample subjek yang sama dipelajari dalam waktu tertentu. Metode ini memungkinkan adanya penyelidikan intensif terhadap individu karena peneliti menyimpulkan data tentang subjek yang sama pada berbagai tingkatan. Kelemahan metode ini, antara lain:
- Menuntut adanya komitmen dari individu atau lembaga yang bersedia menyediakan waktu, uang dan sumber daya lainnya selama beberapa tahun.
- Jika dampel yang dipilih jelek, tak ada yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya.
- Tidak dapat menambah variabel baru.
- Sulitnya mempertahankan kerjasama subjek dalam waktu yang lama.
Metode ini meliputi lebih banyak subjek, tetapi mencandra faktor-faktor pertumbuhan yang lebih sedikit. Kelemahan dari metode ini adalah:
- Perbedaan yang ada pada sampel-sampel dapat membuat penyidikan ini sangat luas.
- Kemungkinan adanya variabel luar yang telah menimbulkan perbedaan diantara populasi-populasi yang ditarik sampelnya.
3. Penelitian Ditinjau dari Bidang Ilmu
Ragam penelitian ditinjau dari bidangnya adalah penelitian terhadap pendidikan, keteknikan, ruang angkasa, pertanian, perbankan, kedokteran, keolahragaan dan sebagainya.
4. Penelitian Ditinjau dari Tempatnya
- Penelitian Laboratorium
- Penelitian Perpustakaan
- Penelitian Lapangan
5. Penelitian Ditinjau dari Sifat Masalahnya
Berdasarkan sifat-sifat masalahnya, metode penelitian dapat digolongkan menjadi sembilan, dapat dilihat pada tabel berikut:
Metode Penelitian
|
Tujuan
|
Ciri-ciri
|
Langkah-langkah
Pokok
|
Penelitian Historis |
Membuat
rekonstruksi masa lampau secara sistematis dan objektif dengan cara
mengumpulkan, mengevaluasi, memverifikasi serta mensistensikan
bukti-bukti untuk menegakkan fakta.
| Lebih tergantung pada data yang diobservasi orang lain. Harus tertib, ketat, sistematis dan tuntas. Menggunakan data primer dan sekunder. Dilakukan kritik eksternal dan internal untuk menentukan bobot data. Mirip penelaahan kepustakaan Definisikan masalah Rumuskan tujuan penelitian Kumpulkan data Evaluasi data Tuliskan laporan | |
Penelitian Deskriptif |
Membuat pencandraan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi.
| Tidak perlu mencari hubungan, menguji hipotesis dan membuat ramalan Mencari informasi tentang gejala yang ada Definisikan dengan jelas tujuan yang akan dicapai Rencanakan cara pendekatannya Kumpulkan data Laporan | |
Penelitian Perkembangan |
Untuk menyelidiki pola dan perurutan pertumbuhan dan atau perubahan sebagai fungsi waktu
| Memusatkan pada studi mengenai variabel-variabeldan perkembangannya selama beberapa bulan atau tahun Definisikan masalahnya Lakukan penelaahan kepustakaan Rancangan cara pendekatan Kumpulkan data Evaluasi data yang terkumpul Susun laporan mengenai evaluasi itu | |
Penelitian Kasus dan Penelitian Lapangan |
Untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadaan sekarang dan interaksi lingkungan sesuatu unit sosial.
| Penelitian mendalam mengenai unit sosial yang hasilnya merupakan gambaran lengkap tentang unit tersebut Meneliti jumlah unit yang kecil tetapi mengenai variabel-variabel dan kondisi yang besar jumlahnya | Rumuskan tujuan yang akan dicapai Rancangan cara pendekatannya Kumpulkan data Organisasikan data dan informasi menjadi unit studi yang koheren Susun laporan |
Penelitian korelasional |
Untuk
mendeteksi sejauh mana variasi-variasi pada suatu faktor berkaitan
dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan
pada koefisien korelasi
| Dilakukan untuk variabel yang diteliti rumit Memungkinkan pengukuran beberapa variabel dan saling hubungannya secara serentak Apa yang diperoleh adalah taraf atau tinggi rendahnya hubungan atau tidak adanya hubungan. Definisikan masalah Lakukan penelaahan kepustakaan Rancang cara pendekatannya Kumpulkan data Analisis data Tuliskan laporannya | |
Penelitian Kausal-Komparatif |
Untuk
menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara berdasar
atas pengamatan terhadap akibat yang ada mencari kembali faktor yang
mungkin menjadi penyebab melalui data tertentu
| Bersifat ex post facto, artinya data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dipersoalkan berlangsung Definisikan masalah Lakukan penelaahan | kepustakaan Rumuskan hipotesis Rumuskan asumsi yang mendasari hipotesis Rancang cara pendekatannya Validasikan teknik untuk mengumpulkan data dan interpretasikan dalam cara yang jelas dan cermat Kumpulkan dan analisis data Susun laporannya |
Penelitian Eksperimental-Sungguhan |
Untuk
menyelidiki kemungkinan saling hubungan sebab akibat dengan cara
mengenalkan kepada satu atau lebih kelompok eksperimental satu atau
lebih kondisi perlakuan dan memperbandingkan hasilnya dengan satu atau
lebih kelompokn kontrol yang tidak dikenai kondisi perlakuan
| Memusatkan usaha pada pengontrolan varians Tujuannya untuk internal dan eksternal validity Lakukan survei kepustakaan Identifikasi dan definisi masalah Rumuskan hipotesis Definisikan pengertian dasar dan variabel utama Susun rencana eksperimen Laksanakan eksprimen Atur data kasar Terapkan test signifikasi Buat interpretasi mengenai hasil testing dan susun laporannya. | |
Penelitian Eksperimental Semu |
Untuk
memperoleh informasi yang merupakan perkiraan bagi informasi yang
merupakan perkiraan bagi informasi yang diperoleh dengan eksperimen
yang sebenarnya dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk
mengontrol dan atau memanipulasi semua variabel yang relevan.
| Secara khas mengenai keadaan praktis Mempunyai perbedaan yang kecil dengan penelitian eksperimen sungguhan Sama dengan penelitian eksperimen sungguhan | |
Penelitian Tindakan |
Mengembangkan
keterampilan-keterampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk
memecahkan masalah dengan penerapan langsung didunia kerja
| Praktis dan relevan untuk situasi aktual dalam dunia kerja Menyediakan rangka kerja yang teratur untuk pemecahan masalah dan perkembangan-perkembangan baru Fleksibel dan adaptif Definisikan masalah Lakukan penelaahan kepustakaan Rumusan hipotesis atau strategi pendekatan Aturlah research setting Tentukan kriteria evaluasi Analisis data yang terkumpul Tuliskan laporan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar